Latar Belakang

Lembaga Pendidikan adalah pusat kederisasi umat dan bangsa, yang dari lembaga itu diharapkan lahir kader-kader pemimpin uamt yakni Ulama yang tidak “gaptek” (gagap tekhnologi dan scientist (ilmuan), atau pemimpin bangsa (teknokrat) yang saleh, amanah (tidak korup), dan hanief (berpihak kepada kebenaran), atau juga umat yang taat beribadah, jujur dan kerja keras.

Lembaga Pendidikan Terpadu Al-ma’shum Mardiyah, Cugenang, Cianjur adalah lembaga Pendidikan yang dikelola dengan system dan kurikulum yang bertujuan menyiapkan manusia yang akan menjadi pilar atau tiang-tiang dunia sesuai dangan sabda Nabi saw. ”Dunia ini tegak dengan empat pilar; dengan ilmunya ulama, dengan adilnya Umara, dengan kerja keras serta kejujuran al-muhtarifin (para pekerja), dan dengan do’a-do’a nyafakir-miskin”.

Selama 24 jam di dalam pengasuhan asatidz (guru-guru putra) dan ustadzah (guru-guru putri), diharapkan tujuan dan cita-cita itu dapat diwujudkan, tentu saja sangat ditentukan pula oleh kekompakan dari dijalankannya tugas-tugas; Yayasan sebagai penyelenggara, dedikasi Guru-guru, Tanggung jawab wali santri, serta kesungguhan dan kepatuhan anak-anak santrinya.

Proses berjalannya pendidikan adalah sesungguhnya merupakan proses pembiasaan terhadap aktivitas terstruktur dan pembiasaan terhadap aplikasi ilmu pengetahuan diajarkan secara sistematis, oleh karena itu, maka perlu ditetapkan Program kerja Pesantren Terpadu yang dapat mengarahkan peserta didiknya menempuh proses pembiasaan tersebut.